8 Khasiat Buah Pepaya Bagi Ibu hamil Dan Sang Bayi


Nasehatbunda.com - Pepaya adalah salah satu tumbuhan berbuah yang berasal dari Amerika selatan dan juga berasal dari Meksiko bagian selatan. Namun kini pertumbuhannya telah menyebar luas sampai seluruh daerah tropis, termasuk Indonesia. Pepaya terkadang disebut juga papaya, hal ini diadopsi dari bahasa Belanda, yaitu “papaja”. Di tanah jawa pepaya biasanya disebut kates, namun dalam bahasa sunda pepaya disebut dengan gedang.

Dari banyaknya kandungan baik itu dari gizi maupun senyawa yang memperkaya buah pepaya, tentunya semua hal itu berbanding lurus dengan banyaknya manfaat yang dapat Bunda peroleh dari buah pepaya. Di bawah ini akan disebutkan manfaat dari buah pepaya untuk ibu hamil dan alasannya, sebagai berikut :
1. Melancarkan Pencernaan
Pepaya mampu membantu dalam memperlancar pencernaan, karena dalam pepaya mengandung cukup serat yang sangat bermanfaat. Buah pepaya mampu membantu mempercepat proses pencernaan protein yang berada dalam tubuh. Proses pencernaan protein itu sendiri merupakan gangguan kehamilan yang sering sekali terjadi. Sehingga buah pepaya tentu sangat bermanfaat dalam proses mempercepat pencernaan protein, bagi ibu hamil maupun siapa saja.
2. Tidak Kelebihan Protein
Buah pepaya hanya mengandung sedikit protein, hanya berkisar 5 gram per satu kilogram dari buah pepaya. Namun yang perlu Bunda ketahui bahwa meskipun protein yang terkandung hanya sedikit, akan tetapi semuanya dapat dicerna dan diserap oleh tubuh dengan sangat baik, terutama bagi ibu hamil untuk mengoptimalkan perkembangan pada janin.
3. Pembentukkan Organ Penglihatan Janin
Salah satu kandungan yang terdapat dalam buah pepaya yaitu Vitamin A menjadikan pepaya berfungsi dalam menjaga kesehatan mata. Vitamin A yang terdapat dalam buah pepaya bermanfaat untuk ibu hamil dalam proses pembentukan organ penglihatan bayi. Hal ini juga akan menjadikan calon bayi memiliki mata yang sehat.
4. Mencegah Dehidrasi
Air yang cukup banyak dalam kandungan buah pepaya mampu membantu asupan air yang dibutuhkan oleh ibu hamil untuk menghindari dari dehidrasi dan efek lain yang ditimbulkan akibat dehidrasi.
5. Kaya Vitamin C
Kaya akan vitamin C seperti yang terdapat dalam buah pepaya ini akan membantu ibu hamil dalam menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat dan stabil. Hal ini akan menghindarkan dari demam akibat perubahan cuaca yang sangat ekstrim. Pepaya mampu mencegah Bunda dari  infeksi, flu dan pilek karena mengandung vitamin C.
6. Menjaga Tekanan Darah
Pepaya diperkaya dengan kalium yang cukup banyak. Hal ini menjadikan manfaat buah pepaya untuk ibu hamil, akan mengontrol proses natrium, sehingga akan membantu Bunda dalam menjaga tekanan darah serta meningkatkan kewaspadaan mental, terutama pada ibu hamil.
7. Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Dalam menjaga kekebalan pada tubuh, membutuhkan makanan yang sehat untuk ibu hamil yang mengandung betakaroten. Buah pepaya mampu memenuhi kebutuhan tersebut sehingga buah pepaya bermanfaat untuk menjaga kekebalan tubuh selama masa kehamilan.
8. Penangkal Radikal Bebas
Manfaat buah pepaya untuk ibu hamil yang diperkaya dengan antioksidan, membuat buah pepaya tergolong sangat baik jika Bunda memanfaatkan untuk menangkal radikal bebas. Termasuk selama kehamilan dimana janin sedang tumbuh dalam kandungan ibu.
Sangat disarankan untuk mengkonsumsi buah pepaya yang benar-benar sudah matang serta bersih dari getah. Juga disarankan pula untuk tidak mengkonsumsi pepaya pada masa kandungan masih muda, atau tidak mengkonsumsi buah pepaya pada minggu-minggu awal kehamilan. Dan jika ingin mengkonsumsi buah pepaya, konsumsilah dengan tidak terlalu banyak, dan konsumsilah dengan memperhatikan tingkat kematangan dan kebersihannya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "8 Khasiat Buah Pepaya Bagi Ibu hamil Dan Sang Bayi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel