Yang Harus Bunda Lakukan Ketika Terjadi Benjolan Pada Si Kecil


Nasehatbunda.com - Kelenjar getah bening merupakan bagian yang terpenting dari sistem pertahanan tubuh terhadap penyakit dan infeksi. Sel limfosit  yang terkandung pada Kelenjar ini bertindak sebagai penghambat infeksi. Limfosit sendiri bertugas untuk menghasilkan zat yakni antibodi, dan akan melumpuhkan parasit atau kuman yang menyebabkan infeksi.
Kalau terjadi pembengkakan kelenjar getah bening pada Si Kecil, biasanya jumlah limfosit akan mengalami peningkatan. Kondisi ini terjadi akibat adanya infeksi atau peradangan, sehingga antibodi yang dihasilkan oleh limfosit akan lebih banyak. Kondisi ini akan ditandai dengan adanya pembengkakan pada leher Si Kecil, bawah rahang, ketiak, atau belakang telinga. Nah, kondisi ini menandakan bahwa adanya gangguan pada kelenjar getah bening.
Bunda bisa mengetahuinya dengan memperhatikan daerah sekitar kelenjar yang bengkak, biasanya pada daerah itu akan terlihat apakah ada infeksi atau luka yang mengakibatkan terjadinya pembengkakan. Jika Si Kecil mengalami sakit tenggorokan, biasanya akan menyebabkan kelenjar di bagian leher membengkak.

Cara Penanganannya Jika Si Kecil Mengalami

Jika Si Kecil mengalami pembengkakan kelenjar getah bening, kondisi ini sebenarnya bukanlah hal yang berbahaya. Bunda sebaiknya fokus pada pengobatan infeksi yang dialami Si Kecil, karena ketika infeksi tersebut berhasil diatasi, maka kelenjar getah bening akan kembali ke ukuran yang normal.
Pembengkakan akibat infeksi ini bisa saja sembuh dengan sendirinya dalam beberapa hari kemudian. Hal yang perlu diperhatikan, Kalau pembengkakan tidak mereda selama lebih dari lima hari dan disertai demam tinggi, Bunda sebaiknya segera memeriksakan Si Kecil ke dokter. Hal yang sama juga harus dilakukan kalau terjadi pembengkakan kelenjar getah bening di seluruh tubuh dan disertai ruam kemerahan atau keunguan.
Jika memang kondisi pembengkakan yang dialami oleh Si Kecil disebabkan oleh kelenjar yang sangat serius, biasanya dokter akan memberikan penanganan sesuai dengan penyebab yang mendasarinya. Jika ditemukan penyebab kondisi ini akibat kanker atau tumor, biasanya dokter akan melakukan prosedur pembedahan atau kemoterapi pada Si Kecil.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Yang Harus Bunda Lakukan Ketika Terjadi Benjolan Pada Si Kecil"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel