Selain Bisa Menyembuhkan Sariawan, Air Garam Juga Mempunyai 5 Manfaat Lainnya



Nasehatbunda.com - Sariawan merupakan luka kecil yang dangkal dan akan terasa nyeri yang muncul pada jaringan lunak dalam mulut, pada dasar gusi, bawah lidah, atau sepanjang sisi rongga mulut. Sariawan sering disebut juga denganSariawan bisa muncul hanya satu atau beberapa buah sekaligus, akan tetapi sariawan tidak menular.

Penyebab sariawan yang paling umum adalah daya tahan tubuh mulai melemah, kekurangan vitamin B12 atau asam folat, serta infeksi bakteri atau virus tertentu. Perubahan hormon tubuh seperti saat menstruasi atau hamil juga dapat menyebabkan sariawan muncul.

Siapapun bisa mengalami sariawan, tetapi memang lebih sering terjadi pada remaja dan orang dewasa. Beberapa orang juga yang rentan sariawan bisa mengalami sariawan yang lebih parah.

Rasanya setiap orang hampir pernah mengalami yang namanya sariawan. Entah itu di pipi bagian dalam, bibir, atau pun lidah. Sariawan bisa sangat terasa sakit yang bisa bikin malas makan dan bicara. Sedang cari obat sariawan tapi bingung menentukannya? Nah, tahukah Bunda obat sariawan ampuh tidak melulu harus pakai resep dari dokter? Beberapa pilihan obat sariawan alami ini bahkan mungkin sudah Bunda miliki di rumah.

Air garam telah digunakan oleh beberapa budaya dari generasi ke generasi yang tak sudah  terhitung lagi jumlahnya untuk membersihkan luka dan sekaligus membilas mulut. Kebersihan pada mulut yang baik dalam keseharian sangatlah penting bagi kesehatan secara keseluruhan. 



Banyak jenis bakteri hidup di mulut yang bisa menyebabkan gigi berlubang, radang gusi, dan penyakit periodontal ketika ada pertumbuhan bakteri berlebihan. Oleh karena itu, banyak orang yang menyarankan bahwa berkumur dengan air asin mampu menjaga kebersihan mulut yang baik. Namun, apakah itu sudah terbukti kebenarannya?

Garam alami yaitu natrium klorida mampu membatasi jumlah pertumbuhan bakteri dan dalam banyak makanan sekaligus menjaganya, karena garam menyerap molekul air. Bakteri membutuhkan kelembapan untuk bisa tumbuh subur, sehingga tanpa air yang cukup mereka tidak bisa tumbuh dengan baik. 

Air asin tidak dianggap sebagai antibiotik, karena ia tetap menyediakan bakteri dengan air dan tidak membunuh bakteri dengan melakukan kontak secara langsung. Bilasan air asin bermanfaat, karena garam bisa membuat basa dan meningkatkan pH di dalam mulut yang menghalangi perkembangan bakteri, karena hampir seluruh bakteri lebih memilih lingkungan asam untuk hidup. Selanjutnya, air garam yang mempunyai sifat isotonik dan tidak mengiritasi selaput lendir, dan itulah mengapa kebanyakan dokter gigi juga menggunakan air asin hangat setelah melakukan prosedur gigi.

Lebih Lengkapnya, Air Garam Memiliki Manfaat Sebagai Berikut:
  • Lebih murah dibandingkan obat kumur di pasaran.
  • Lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan bahan kimia yang terkandung dalam obat kumur di pasaran.
  • Sangat mudah untuk digunakan karena garam banyak tersedia dan juga campuran dapat dibuat di mana saja.
  • Bebas dari alkohol sehingga tidak akan menyebabkan sensasi terbakar bagi yang sensitif terhadap obat kumur.
  • Tidak akan menyebabkan alergi.
  • Tidak mengiritasi jaringan mulut yang sensitif.
  • Bertindak sebagai antibakteri, karena membunuh bakteri dengan meningkatkan pH mulut ke lingkungan yang sudah tidak cocok untuk pertumbuhan bakteri. 
Berkumur Dengan Air Garam Juga Dapat Bermanfaat Pada Kondisi Mulut Berikut :
1. Napas Bau
Sementara kebersihan mulut yang buruk menjadi penyebabnya, namun mencuci mulut selama beberapa kali tidak akan menghilangkan halitosis. Berkumur dengan air asin mampu membunuh bakteri yang menyebabkan bau mulut dan infeksi yang sering menyebabkan bau mulut.

2. Penyakit Gusi
Ini ditandai dengan gusi meradang dan berdarah yang disebabkan oleh pertumbuhan bakteri berlebihan di dalam mulut.

3. Sakit Gigi
Ini biasanya ditandai dengan gigi yang berlubang yang disebabkan oleh bakteri.

4. Peradangan
Penyembuhan jaringan oral setelah pengobatan ekstraksi gigi atau infeksi garam berhasil mengurangi peradangan karena mampu membuat jaringan bengkak menyusut. Hal ini juga mampu mencegah infeksi dari setiap jaringan yang terpapar.

5. Sakit Tenggorokan 
Air asin mampu membunuh bakteri dan menenangkan jaringan tenggorokan yang meradang. 

Secara historis, berkumur dengan air garam sudah dilakukan selama ratusan tahun, dari Cina kuno ke Roma. Banyak referensi dibuat untuk membilas dan membersihkan mulut dengan menggunakan dokumen obat tradisional Cina dan Ayurveda India. Pengobatan Ayurveda sangat mirip dengan jamu tradisional Cina, namun penggunaan air asin untuk menyikat gigi dan membilas mulut relatif umum pada periode Yunani dan Romawi. Hippocrates dikatakan telah merekomendasikan campuran air sumur, garam laut, dan cuka untuk membersihkan mulut.

Bahkan sampai pada saat ini, dokter gigi sering merekomendasikan berkumur dengan menggunakan air garam untuk meringankan rasa sakit dan bengkak setelah pencabutan gigi. Sebuah studi yang dilakukan tahun 2010 menunjukkan bahwa air garam adalah cara yang sangat efektif untuk membunuh bakteri mulut. Larutan garam jenuh membunuh bakteri dengan mengubah lingkungan mulut menjadi tidak kondusif untuk pertubuhan bakteri.
Tidak semua obat kumur dapat dijadikan obat sariawan, lho! Kebanyakan produk obat kumur di pasaran hanya mampu mengobati sariawan ringan dan dangkal, misalnya karena tergores makanan atau lidah yang tergigit saat mengunyah. Beberapa sariawan tertentu yang diakibatkan infeksi bakteri juga masih termasuk.
Peneliti di University of Pennsylvania mengatakan sampai pada saat ini belum ada obat kumur yang benar - benar ampuh sebagai obat sariawan. Namun, pastikan obat kumur yang Anda pilih mengandung salah satu dari empat hal di bawah ini untuk mengobati sariawan.
  • Zat antiseptik/antibiotik, untuk membunuh bakteri di sekitar luka.
  • Zat antihistamin atau anestesi lokal untuk mengurangi rasa sakit dan ketidaknyamanan dalam mulut.
  • Zat antijamur untuk mengurangi pertumbuhan jamur dalam mulut.
  • Zat kortikosteroid untuk mengobati peradangan akibat sariawan.

Tentu saja perlu mengetahui terlebih dahulu apa penyebab sariawan yang di alami untuk mengetahui obat kumur dengan kandungan apa yang tepat untuk mengatasi sariawan tersebut.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Selain Bisa Menyembuhkan Sariawan, Air Garam Juga Mempunyai 5 Manfaat Lainnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel