Benarkah Bermain Game Onlie Bisa Menyebabkan Gangguan Jiwa Dan Menjadi Gila


Nasehatbunda.com - Game online benar - benar sudah membuat kalangan orang dewasa, remaja bahkan anak - anak menjadi gila. Di Cina fenomena pemain game online bermain sampai 24 jam lebih sehari. Tak heran korban game online disana bnayak yang berjatuhan. Ada sekitar 114.000 kafe dan bar internet di China.

Semua kafe dan bar memanjakan para pecandu game online. Semua fasilitas untuk bermain games secara online tersedia, mulai dari fasilitas yang standar hingga fasilitas mewah bisa dinikmati anak pecandu games online di negara tersebut. Bahkan mereka dapat bermain 24 jam karena kafe disana mendesain tempat duduk yang bisa diubah menjadi tempat tidur yang nyaman.

Namun apa yang terjadi setelah itu. Ternyata game online sudah menyebabkan anak - anak di China yang mengalami gangguan secara mental. Para orang tua anak - anak  tersebut mulai resah, gelisah dan ketakutan, anak-anak mereka mulai ada yang berubah, bahkan ada yang  mulai menjadi ‘gila’.

Di indonesia tepatnya di Banyumas Sepuluh anak didiagnosa mengalami gangguan mental akibat kecanduan bermain game online di sepanjang tahun 2018. Mereka mendapat terapi di RSUD Banyumas. 7 dari 10 anak itu merupakan siswa Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Dokter Spesialis Jiwa RSUD Banyumas, Hilma Paramita mengatakan bahwa rata - rata pasien sudah tak bisa mengendalikan diri saat bermain game online. Akibatnya, mereka sudah tidak lagi bisa beraktivitas secara normal.

Diagnosis kecanduan game online itu sendiri menurut dr Siste juga tidak bisa dilakukan sembarangan. Seseorang disebut kecanduan game online bila sudah kesulitan tidak dapat mengontrol waktu bermain, memprioritaskan game online dibandingkan aktivitas yang penting lain, sehingga akhirnya memiliki dampak negatif pada kehidupan sosial.

Apa Yang Menyebabkan Seseorang Kecanduan Game?
Setiap benda atau hal - hal yang membuat kita merasa senang akan merangsang otak yang menghasilkan dopamin, hormon pembuat bahagia. Dalam keadaan yang normal, hal ini tidak akan menyebabkan kecanduan. Hanyalah rasa bahagia dan rasa puas pada umumnya.

Akan tetapi pada saat kita mengalami kecanduan, objek yang membuat kita senang tersebut merangsang otak menghasilkan dopamin yang sangat berlebihan. Jumlah dopamin yang sudah kelewat batas akan mengacaukan kerja hipotalamus, bagian otak yang bertanggung jawab untuk mengatur emosi dan suasana hati sehingga membuat kita merasa sangat bahagia tidak wajar, bersemangat, dan percaya diri yang berlebihan.


Efek dari membahagiakan ini akan membuat tubuh secara otomatis ketagihan dan mengidam untuk merasakannya lagi. Dan pada akhirnya, efek ini membuat kita terus menggunakan candu tersebut secara berulang dalam frekuensi dan durasi yang lebih tinggi demi memuaskan kebutuhan akan kebahagiaan ekstrim tersebut.

Jika hal ini terus terjadi berkepanjangan, lama - kelamaan akan merusak sistem dan sirkuit reseptor motivasi dan penghargaan otak sehingga menyebabkan kecanduan.


Apakah Semua Pemain Game Berisiko Kecanduan?
Dalam batas yang wajar, bermain game tentu tidak dilarang. Bermain game bisa menjadi aktivitas pengusir stres yang baik dan juga bermanfaat bagi kesehatan otak. Ada sejumlah bukti medis yang mengatakan bahwa bermain game bisa dijadikan terapi alternatif mengobati gangguan mental seperti ADHD dan Alzheimer .

Pasalnya pada saat bermain game, otak akan dituntut untuk bekerja keras mengatur fungsi kognitif (misalnya perencanaan strategi) yang dibarengi dengan kerja fungsi motorik yang kompleks (misalnya, sambil melihat layar kita juga harus menggerakkan tangan untuk memainkan joystick atau menekan tombol). Nah jika hobi ini tidak dikendalikan, barulah bisa berkembang menjadi kecanduan.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Benarkah Bermain Game Onlie Bisa Menyebabkan Gangguan Jiwa Dan Menjadi Gila"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel