Garam Memang Bisa Digunakan Untuk Perawatan Kulit Wajah, Tapi Untuk Kulit Wajah Yang Sensitif Cukup Berbahaya


Nasehatbunda.comGaram pada umumnya digunakan sebagai penambah rasa asin pada masakan. Bentuknya kristal putih, dan seringkali dihasilkan dari air laut.

Terkuak fakta bahwa air laut dan plasma darah mempunyai komposisi kimia yang hampir identik berdasarkan tingkatan jejak mineralnya. Air laut sangat dekat dengan lingkungan internal tubuh sehingga kalau sel darah putih dipindahkan dari tubuh dan ditempatkan di dalam larutan air laut yang sudah disterilkan, maka sel darah putih tersebut tetap bisa mempertahankan fungsi normal selnya. Air garam laut adalah satu – satunya larutan yang mampu mengakomodasi aktivitas sel yang berkelanjutan.

Efek Air Garam untuk Wajah
Tidak hanya berendam air garam yang mampu memberikan manfaat air garam untuk kulit tubuh, ada juga manfaat mencuci muka dengan air garam yang baik untuk perawatan wajah. Akan tetapi walaupun dengan segala manfaatnya yang luar biasa, air garam ternyata tidak sepenuhnya aman dan dapat digunakan sesuka hati. Adapun beberapa efek samping bahaya air garam untuk wajah yang dapat dialami seperti berikut ini:
1. Membuat Wajah Kusam
Untuk Bunda yang sering menggunakan cara memutihkan wajah dengan air garam, ketahuilah bahwa air garam juga memiliki efek sebaliknya. Bahaya air garam untuk wajah pertama adalah bahwa air garam bisa membuat wajah menjadi kusam dan tampak gelap. Khususnya jika Bunda tinggal di wilayah yang panas resiko wajah akan menjadi kusam karena penggunaan air garam lebih besar. Karena itulah penggunaan air garam untuk wajah sebaiknya dilakukan pada waktu Bunda tidak lagi beraktivitas di luar rumah dan wajah tidak lagi terkena sinar matahari. Selain itu, usahakan tidak menggunakan air garam untuk wajah jika suhu udara sedang panas walaupun Bunda sedang berada di dalam ruangan.
2. Wajah Terasa Perih
Bahaya air garam untuk wajah lainnya adalah dapat membuat wajah terasa perih. Hal ini dimungkinkan ketika menggosokkan air garam ke wajah Bunda menggosoknya dengan keras sehingga kulit wajah lecet dan teriritasi. Kulit wajah yang perih karena air garam juga bisa disebabkan karena Bunda beraktifitas di bawah sinar matahari setelah menggunakan air garam, dan juga karena Bunda memiliki ciri - ciri kulit yang sensitif.
3. Menyebabkan Kulit Wajah Mengelupas
Kulit wajah dapat mengelupas sebagai hasil dari pemakaian air garam disebabkan hal yang sama seperti kedua hal diatas, yaitu karena faktor lingkungan tempat tinggal Bunda. Suhu lingkungan yang panas dapat menyebabkan kulit wajah menjadi kering dan mulai mengelupas, terlebih lagi jika Bunda menggunakan air garam yang mempunyai efek mengeringkan kulit wajah juga.
4. Menyebabkan Infeksi Mata
Jika menggunakan manfaat air garam untuk wajah, Bunda perlu adanya kehati - hatian dalam prosesnya. Selalu ada peringatan bahwa ketika menggunakan air garam untuk membasuh wajah agar jangan sampai mengenai area disekitar mata apalagi kalau sampai masuk ke dalam mata. Jika air garam sampai masuk ke dalam mata, maka akan menyebabkan mata akan menjadi sangat perih dan bisa mengalami iritasi.
5. Menimbulkan Bercak Hitam
Manfaat garam untuk kulit wajah yang berjerawat mampu membasmi bakteri penyebab jerawat. Tetapi kulit wajah yang berjerawat biasanya juga mempunyai bekas luka akibat jerawat tersebut. Menggunakan air garam untuk membasuh wajah sementara luka bekas jerawat belum sepenuhnya mengering justru dapat menyebabkan bekas jerawat tersebut menjadi hitam dan membekas lebih jelas pada wajah Bunda.
6. Menimbulkan Jerawat
Manfaat garam bagi wajah bisa untuk menghilangkan jerawat, akan tetapi bisa juga sebaliknya. Jika air yang Bunda gunakan untuk membasuh wajah mengandung terlalu banyak garam laut, bisa jadi kulit wajah akan terasa sangat kurang bersih dan licin. Sayangnya beberapa sabun tertentu tidak bekerja dengan baik untuk membersihkan wajah dari kelebihan garam tersebut dan akan menyebabkan kulit wajah kurang bersih sementara dalam beberapa waktu. Akibatnya akan timbul jerawat dan bruntusan yang disebabkan oleh kurang bersihnya kondisi wajah.
7. Menggores Kulit Wajah
Satu hal yang sering lupa diperhatikan pada penggunaan air garam untuk membasuh wajah, misalnya sebagai cara menghilangkan wajah berminyak dengan air garam , biasanya adalah kelalaian untuk tidak memastikan bahwa garam yang sudah larut dalam air. Partikel – partikel kecil pada garam mampu menggores kulit wajah terutama apabila wajah digosok dengan keras. Karena itu, pastikan untuk melarutkan garam dengan benar dan menggosok wajah dengan lembut.
8. Wajah Terasa Panas
Walaupun ada cara menghilangkan komedo dengan garam, ada juga efek negatifnya jika penggunaan garam yang tidak sesuai. Pada Bunda yang memiliki kulit sensitif, efek samping penggunaan air garam mampu menyebabkan kulit terasa panas seperti terbakar. Terutama jika Bunda menggunakan air garam itu dengan menggosoknya keras di wajah dan langsung beraktivitas di luar ruangan dan terkena sinar matahari secara langsung.
9. Membuat Wajah Gatal
Efek samping bahaya air garam untuk wajah ini juga antara lain disebabkan oleh jenis kulit yang sangat sensitif. Apabila tidak cocok dengan terapi air garam untuk kulit wajah, maka resiko yang bisa dialami salah satunya adalah kulit wajah menjadi gatal. Pada kasus ini, air garam tidak bisa menjadi cara merawat wajah yang sensitif.
10. Membuat Kulit Wajah Bengkak
Hal ini bisa terjadi jika penggunaan air garam tidak sesuai dosis dan cara yang dianjurkan. Bunda bisa mengalami wajah menjadi bengkak dan kemerahan apabila berlebihan menggunakan perawatan dengan air garam ini, misalnya menggosok wajah terlalu keras, dan menggunakan garam laut terlalu banyak dengan alasan agar cepat menunjukkan hasilnya pada wajah.
Bahaya air garam untuk wajah memang dapat terjadi, namun sebenarnya efeknya minimal dan tidak terlalu fatal bagi wajah Bunda. Apabila ingin merasakan khasiat air garam untuk wajah tanpa mengalami efek sampingnya, sebaiknya Bunda mengikuti aturan pembuatan dan cara memakainya dengan sebaik – baiknya. Jangan sampai melakukan perawatan dengan berlebihan karena ingin cepat mendapatkan hasilnya yang maksimal, justru hal itu akan menimbulkan resiko yang tidak diinginkan pada kondisi wajah Bunda.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Garam Memang Bisa Digunakan Untuk Perawatan Kulit Wajah, Tapi Untuk Kulit Wajah Yang Sensitif Cukup Berbahaya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel