Tips Agar Memperlancar ASI Yang Bisa Dilakukan Sendiri


Nasehatbunda.com - Air susu ibu atau ASI menjadi nutrisi wajib bagi para bayi baru lahir. Sayangnya, karena beberapa kondisi produksi ASI seorang ibu bisa menjadi tidak maksimal. Padahal buah hati membutuhkan nutrisi yang ada di dalam ASI tersebut. Sehingga tak heran, menggunakan susu formula jadi pilihan lain.


Masalah yang paling sering dihadapi oleh Bunda menyusui yakni kurangnya produksi ASI. Sayangnya, banyak Bunda yang tidak mengetahui cara memperbanyak ASI secara alami, sehingga suplemen menjadi pilihan utama. Padahal, tubuh wanita secara alami bisa memproduksi ASI untuk mencukupi kebutuhan bayinya.


Inilah Beberapa Cara Memperbanyak ASI Secara Alami Sebagai Berikut :


1. Membersihkan Puting dan Melakukan Pijatan

Pada trimester ke-3, mulailah membersihkan di bagian puting susu agar jalan keluar ASI lancar. Caranya, bersihkan dengan menggunakan baby oil sebelum mandi. Lakukan sambil memilin-milin puting terutama pada bagian lipatan-lipatan di ujung puting. Lakukan hal ini beberapa hari sekali. Sering-seringlah melakukan pijatan pada payudara dengan menggunakan baby oil.

2.  Menyususi Setiap 2-3 Jam Sekali

Bayi yang baru lahir membutuhkan susu setiap 2-3 jam, tanpa peduli siang atau pun malam hari. Produksi ASI pada tubuh wanita mengikuti prinsip supply dan demand yang artinya tubuh memproduksi ASI sesuai dengan kebutuhan sang bayi.

Jadi, bila Bunda rutin menyusui setiap 2-3 jam sampai sang bayi kenyang, payudara akan mengirim perintah ke otak untuk memproduksi ASI sebanyak kebutuhan tersebut. Produksi ASI akan bertambah dalam waktu 3 sampai 7 hari sesuai intruksi tersebut.


Bila Bunda tidak konsisten dan jarang menyusui, produksi ASI pun akan berkurang. Habiskan satu payudara dan baru pindah ke payudara lainnya.


3. Memompa ASI

Memompa adalah salah satu cara untuk memperbanyak ASI. Untuk Bunda yang masih baru, mungkin ketrampilan menyusui masih belum cukup memadai. Kesalahan posisi menyusui bisa menyebabkan proses menyusui tidak efektif sehingga ASI tidak keluar dengan lancar.

Gunakan pompa setiap kali selesai menyusui. Jangan pedulikan berapa banyak ASI yang bunda dapat, karena tujuan memompa adalah untuk memberikan rangsangan dan simulasi ke payudara.


Selain itu, memompa bisa mengosongkan ASI yang tidak dihabiskan bayi sehingga payudara memproduksi ASI kembali untuk mengganti ASI yang sudah keluar.



4.Skin To Skin Contact

Bayi yang disusui dalam keadaan terlanjang mendapatkan kontak langsung ke kulit dada Bunda. Hal ini adalah salah satu cara untuk memperbanyak ASI yang keluar.

Kedekatan emosi yang kita miliki dengan bayi, akan memerintahkan otak untuk memproduksi ASI agar lebih banyak. Beberapa negara yang mendukung program Bunda menyusui menganjurkan skin to skin contact sebagai salah satu cara menyusui yang baik.


5. Kompres Payudara

Bila payudara terasa keras, bayi tidak bisa mengisapnya. Kompreslah dengan handuk hangat beberapa menit saja, maka payudara akan melunak dan ASI dapat keluar lebih lancar.

6. Makanan Yang Memperbanyak ASI

Beberapa makanan terbukti mampu memperbanyak ASI.  Yang umum digunakan daun katuk, pepaya, havermouth, bayam, wortel adalah beberapa contoh makanan yang baik untuk Bunda menyusui. Sebisa mungkin hindari penggunaan supplemen atau obat-obatan sebagai cara untuk memperbanyak ASI.

7. Memilih KB Yang Tepat Untuk Ibu Menyusui
Pil mini yakni pil KB yang paling tepat untuk ibu menyusui, karena akan tidak mempengaruhi hormon yang diperlukan untuk memproduksi ASI. Pilihan lainnya adalah berbagai cara KB yang tidak menyangkut hormon, semisal kondom.

8. Minum Air Putih Yang Banyak

Minumlah 10 hingga 12 gelas air putih sehari, karena tubuh sangat membutuhkan cairan untuk memproduksi ASI.

9. Mencoba Posisi Menyusui Yang Pas

Bunda yang baru menyusui sering merasa sakit saat menyusui. Akibatnya banyak Bunda berhenti menyusui beberapa hari dan menggunakan susu formula selama luka di putingnya belum sepenuhnya sembuh. Substitusi dengan susu formula akan menyebabkan produksi ASI berkurang. Cobalah beberapa posisi dan lakukan yang paling pas untuk Bunda. Bila posisi menyusui benar, seharusnya menyusui tidak akan terasa sakit.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Tips Agar Memperlancar ASI Yang Bisa Dilakukan Sendiri"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel