Selain menjaga Kesehatan Mulut, Masih Ada 10 Manfaat Dari Teh Hijau


Nasehatbunda.com - Manfaat dari teh hijau yang baik bagi tubuh salah satunya yaitu didapatkan dari tingginya kandungan antioksidan yang ada pada teh hijau. Seperti yang Bunda ketahui semua, antioksidan mempunyai manfaat untuk melawan radikal bebas. Dimana radikal bebas itu sendiri bisa menyebabkan rusaknya sel-sel pada tubuh. Akibatnya dapat menyebabkan penuaan dini dan penyakit, seperti misalkan kanker.
Selain itu, manfaat dari teh hijau untuk kesehatan juga didapatkan dari kandungan katekin yang ada di dalamnya. Senyawa katekin yang ada pada teh hijau memiliki manfaat untuk mencegah kerusakan oksidatif terhadap sel tubuh. Tidak hanya itu saja, teh hijau memiliki asam folat, kalium, vitamin B, kafein, mangan dan magnesium.
Untuk mendapatkan manfaat dari teh hijau, Bunda bisa mengkonsumsinya dalam porsi yang wajar. Adapun beberapa manfaat dari teh hijau untuk kesehatan di antaranya seperti berikut.
1. Menjaga Kesehatan Mulut
Manfaat dari teh hijau untuk kesehatan yang pertama yaitu bisa menjaga kesehatan mulut. Senyawa polifenol yang dimiliki teh hijau bisa membantu mengatasi peradangan pada gusi dan gigi. Pada teh hijau terkandung katekin dalam jumlah yang lebih banyak dibandingkan dengan teh hitam atau teh olong. Berdasarkan berbagai penelitian menyimpulkan bahwa jenis katekin yang banyak terkandung pada daun teh yakni Epigallocatechin Gallate (EGCG). Dimana Epigallocatechin Gallate (EGCG) bersifat antiinflamasi,   antimutagenik, antibakteri, antivirus dan antidiabetik.
Epigallocatechin Gallate (EGCG) akan menghambat terjadinya pembentukan biofilm bakteri yang ada di mulut yang bentuknya plak. Sehingga dengan begitu, jika Bunda rutin mengonsumsi teh hijau setiap pagi hari akan membuat gusi dan gigi Bunda bebas plak.
Selain itu, ada beberapa manfaat lainnya dari teh hijau untuk kesehatan gigi seperti berikut ini:

  • Menjaga kesehatan pada gusi. Zat antiperadangan yang terdapat pada EGCG akan mencegah terjadinya penyakit gusi.
  • Mengontrol pertumbuhan bakteri. Seiring terbatasnya pertumbuhan bakteri, tingkat keasaman pada air liur akan menurun. Efeknya kondisi gigi berlubang bisa dicegah.
  • Membuat nafas lebih segar. Mengkonsumsi teh hijau juga akan menjadikan nafas Bunda lebih segar dan Bunda terhindar dari masalah bau mulut.
  • Mencegah masalah gigi berkelanjutan. Zat EGCG yang terkandung didalam teh hijau akan dapat membantu mencegah masalah gigi berlubang, dimana keasaman pada rongga mulut akan menurun dan penyakit gusi akan mereda. Selain itu, teh hijau juga bisa mencegah lepasnya gigi.

2. Menurunkan Kolesterol Tinggi

Tingginya kadar kolesterol menjadi masalah kesehatan yang banyak dikeluhkan oleh sebagian masyarakat. Apabila kolesterol tinggi tidak segera dikendalikan bisa menyebabkan Bunda stroke sampai serangan jantung.
Kolesterol merupakan senyawa yang sifatnya mirip dengan lemak yang hidup dengan alami pada hampir setiap bagian tubuh Bunda. Kolesterol itu sendiri dihasilkan dari dua sumber,  yakni diproduksi hati serta makanan yang dikonsumsi.
Pada tubuh manusia terdapat dua jenis kolesterol, yaitu kolesterol baik atau HDL dan kolesterol jahat atau LDL. Apabila kadar kolesterol jahat atau LDL tinggi akan memicu timbulnya masalah kesehatan seperti stroke, serangan jantung hingga gagal jantung.
Nah, untuk menurunkan kolesterol jahat, berdasarkan penelitian dari teh hijau memiliki manfaatnya. Berdasarkan studi lainnya menyatakan bahwa kandungan polifenol yang terdapat pada teh hijau kemungkinan bisa menghalangi terserapnya kolesterol oleh usus, sekaligus bisa menyingkirkannya.
Selain itu, beberapa penelitian lainnya menyatakan bahwa kandungan antioksidan yang ada pada teh hijau bisa mencegah pembuluh darah menyempit, terutama penyakit arteri koroner.
3. Melawan Kanker
Berdasarkan berbagai penelitian menyatakan bahwa green tea atau teh hijau bisa melawan kanker sebab di dalamnya memiliki polifenol yang memiliki sifat antioksidan. Polifenol yang terdapat pada teh hijau ini disebut dengan katekin atau yang lebih dikenal dengan EGCG. Kandungan ini akan bisa membuat sel kanker mati.
Menurut beberapa penelitian menunjukan bahwa teh hijau dapat mencegah kanker tertentu, seperti misalkan kanker payudara, kulit, hati, paru-paru, kandung kemih, prostat, kerongkongan dan usus besar. Berdasarkan studi ini menunjukan bahwa senyawa yang terdapat pada teh bisa mencegah pembuluh darah memasok darah pada sel kanker.
Melihat dari hasil penelitian ini kebanyakan orang yang menganggap bahwa teh hijau mampu mencegah kanker. Namun sebenarnya hasil penelitian yang dilakukan pada manusia belum membuktikan atau memastikan hal ini. Meskipun begitu, mengkonsumsi teh hijau aman dilakukan. Mengkonsumsi teh hijau sebanyak 1 sampai 2 cangkir tidak akan membahayakan. Hanya saja, untuk Bunda yang alergi terhadap teh hijau sebaiknya hati-hati.
4. Relaksasi
Theanin yang terdapat pada teh hijau akan membuat Bunda merasa lebih tenang. Jika Bunda hendak meminum teh, Bunda harus memastikan teh tersebut tidak diseduh menggunakan air mendidih. Pasalnya, katekin pada teh hijau jika dalam suhu tinggi dapat rusak.
Dalam menyeduh teh hijau, suhu yang paling optimal yaitu sekitar 70 sampai 75 derajat Celcius. Agar rasanya semakin enak, Bunda bisa menambahkan lemon ke dalam teh. Kandungan vitamin C bisa menjadikan penyerapan katekin lebih optimal. Bunda sebaiknya menghindari campuran green tea dengan susu karena penyerapan di dalam usus akan menurun.
5. Mencegah Diabetes
Diabetes melitus sering dijuluki sebagai ibu dari segala macam penyakit. Pasalnya, penyakit yang satu ini dapat merusak organ dalam tubuh. Adapun beberapa organ yang bisa mendapatkan dampaknya yaitu pembuluh darah, mata, ginjal, jantung dan sistem saraf.
Saat Bunda mengalami diabetes, Bunda tentunya akan mencari cara untuk menjaga agar kadar gula darah dalam keadaan normal. Minum teh diketahui bisa membantu Bunda dalam mengelola gula darah. Teh hijau baik untuk diabetes karena dapat membuat sistem metabolisme menjadi lebih baik. Berdasarkan penelitian menyatakan bahwa teh hijau dapat menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes. Meskipun begitu, lebih baik Bunda konsultasikan terlebih dahulu pada dokter mengenai manfaat teh hijau ini untuk diabetes.
6. Menurunkan Berat Badan
Setiap wanita tentunya ingin memiliki berat badan yang ideal. Pasalnya, berat badan yang berlebihan selain mengganggu penampilan juga akan memicu timbulnya sebuah penyakit. Oleh sebab itu, berat badan ideal baik untuk menunjang kesehatan maupun penampilan.
Untuk Bunda yang memiliki berat badan berlebih, Bunda mungkin sudah mencoba berbagai cara namun berat badan tidak kunjung turun. Sebagai cara untuk menurunkan berat badan, tidak ada salahnya Bunda mencoba teh hijau. Dengan minum teh hijau diketahui dapat membantu melancarkan diet yang Bunda lakukan. Antioksidan katekin yang terkandung pada teh hijau bisa membantu meningkatkan metabolisme tubuh agar proses pembakaran lemak menjadi lebih cepat.
Namun meskipun begitu bukan berarti dengan mengonsumsi teh hijau berat badan Bunda langsung turun. Bunda juga harus mengimbanginya dengan menerapkan pola makan yang sehat, istirahat yang cukup dan olahraga. Konsumsi teh hijau juga harus diimbangi dengan cukup konsumsi air putih, serta takaran dan waktunya tepat.
7. Membantu Tidur
Berdasarkan penelitian menunjukan bahwa kandungan antioksidan yang terdapat pada teh hijau bisa membantu penderita obstructive sleep apnea atau OSA, yang merupakan keadaan yang dapat menyebabkan napas periodik saat Bunda tidur terganggu. Dimana keadaan ini akan menyebabkan aliran oksigen ke otak mengalami gangguan. Apabila keadaan ini dibiarkan, akibatnya proses pembelajaran, serta memori akan terpengaruh. Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada tikus menunjukan bahwa katekin  yang terkandung pada teh hijau memberikan hasil yang lebih baik jika dibandingkan dengan tikus yang tidak mendapatkan sama sekali.
8. Menyehatkan Sendi
Berdasarkan beberapa penelitian menunjukan bahwa EGCG yang terkandung pada teh hijau bisa mencegah rheumatoid arthritis. Rheumatoid arthritis atau rematik ini akan menyebabkan radang, kemudian bisa mengakibatkan kaku, nyeri dan bengkak pada sendi. Penyebab penyakit ini yaitu autoimun. Penyakit ini tentu akan mengganggu penderitanya dalam melakukan aktivitas sehari-hari.
Menurut penelitian menyatakan bahwa produksi molekul oleh sistem imun yang dapat menyebabkan rematik bisa dihentikan dengan EGCG. Dengan begitu, mengkonsumsi teh hijau akan mengurangi inflamasi, serta kerusakan yang terjadi pada sendi.

9. Menjaga Kesehatan Kulit

Sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit agar terhindari dari masalah kulit. Salah satu upaya untuk menjaga kesehatan kulit yakni dengan melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Pasalnya, terlalu sering terpapar oleh sinar matahari akan membuat kulit terpapar radiasi UV lebih banyak. Dimana akibatnya risiko kanker kulit akan meningkat. Nah, pada teh hijau terkandung suatu antioksidan bernama epigallocatechin gallate (EGCG). Dalam penelitian para ilmuwan menemukan bahwa ekstrak teh hijau yang dibuat kapsul akan bisa menurunkan atau memperkecil kanker kulit.

10. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Sistem kekebalan tubuh atau sistem imunitas dalam menjaga kesehatan memiliki peranan yang sangat penting. Untuk menjaga agar tubuh tetap sehat atau terhindari dari penyakit, Bunda harus menjaga sistem kekebalan tubuh dengan baik. Selain itu, penting juga untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, caranya dengan menerapkan gaya hidup sehat, mengonsumsi makanan yang bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menghindari stres hingga mengonsumsi suplemen tertentu.
Terdapat beberapa makanan atau minuman yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh, salah satunya yakni teh hijau. Pada teh hijau terkandung antioksidan yang disebut dengan flavonoid. Dimana antioksidan ini dapat meningkatkan kekebalan tubuh supaya tidak rentan terserang bakteri atau virus yang akan membuat Bunda sakit.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Selain menjaga Kesehatan Mulut, Masih Ada 10 Manfaat Dari Teh Hijau"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel