Meskipun Teh Hijau Banyak Manfaatnya, Kalau Terlalu Sering Dikonsumsi Bisa Menimbulkan Efek Samping


Nasehatbunda.com - Meskipun memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan, akan tetapi Bunda harus tetap memperhatikan jumlah teh hijau yang akan konsumsi. Pasalnya, kalau terlalu sering atau terlalu banyak mengonsumsi teh hijau akan menimbulkan efek samping. Berikut ini adalah efek samping jika terlalu sering minum teh hijau :

Kelebihan Kafein
Minuman teh hijau mengandung kafein sehingga akan menimbulkan efek samping seperti sakit perut, jantung berdebar, gelisah, kecemasan,  tremor dan insomnia. Pada disetiap produk jumlah kafein berbeda-beda. Namun, pada setiap kantung yang diseduh, teh hijau mengandung kurang lebih sekitar 30 miligram kafein.
Apabila Bunda terlalu sering minum teh hijau, maka kemungkinan akan membuat Bunda ketergantungan terhadap kafein. Akibatnya apabila Bunda tidak mengonsumsi kafein akan menjadikan Bunda mengalami gejala putih kafein seperti rasa ngantuk, pusing, sakit kepala dan mudah emosi.

Kelebihan Kalori
Teh hijau memang bermanfaat untuk kesehatan, namun apabila Bunda tidak mengonsumsinya dengan bijak akan menyebabkan Bunda kelebihan kalori. Seperti misalkan, Bunda mengonsumsi teh hijau kemasan yang sudah ditambahkan pemanis atau gula. Padahal pemanis dan gula tersebut tentunya mengandung kalori. Jika asupan kalori lebih banyak pada tubuh Bunda dibandingkan dengan kalori yang dibakar akan menimbulkan penumpukan lemak sehingga akan dapat menyebabkan obesitas dan diabetes.

Gangguan Terhadap Penyerapan Zat Besi
Pada teh hijau mengandung antioksidan yang disebut dengan flavonoid. Dimana kandungan ini akan melindungi tubuh dari efek buruk radikal bebas yang dapat menyebabkan rusaknya sel-sel tubuh. Hanya saja, kandungan flavonoid ini akan mengikat zat besi, efeknya tidak akan bisa diserap tubuh.
Jika Bunda minum teh hijau saat makan atau sesudah makan dapat menyebabkan penyerapan zat besi berkurang hingga 70 persen. Oleh karena itu, sebaiknya Bunda tidak mengonsumsi teh hijau saat Bunda makan atau setelah beberapa jam Bunda makan.

Komplikasi
Meskipun mengonsumsi teh hijau itu aman, namun jika dikonsumsi terlalu banyak akan menyebabkan kondisi medis seseorang akan menjadi bertambah buruk. Seperti misalkan, kalau seseorang yang sedang mengalami diare dapat mengalami masalah pencernaan yang lebih parah.
Apabila Bunda memiliki kondisi medis tertentu, Bunda harus berhati-hati dalam mengonsumsi makanan yang Bunda konsumsi, termasuk teh hijau. Bunda sebaiknya berkonsultasi pada dokter untuk mengetahui jumlah konsumsi teh hijau yang aman untuk dikonsumsi.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Meskipun Teh Hijau Banyak Manfaatnya, Kalau Terlalu Sering Dikonsumsi Bisa Menimbulkan Efek Samping"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel