Mengenal Jenis Jenis Bajakah Yang Bisa Menyembuhkan Kanker


Nasehatbunda.comBelakangan ini tumbuhan Bajakah terdengar dan banyak dibicarakan oleh warga net. Tenaman yang bombastis dan sedang banyak cari oleh masyarakat ini viral ketika dua siswi yang  berasal Palangkaraya memenangkan mendali emas dalam ajang Word Invetition Creativity pada tanggal 25-27 Juli 2019 di Kaorea Selatan.
Berdasarkan penelitian dan uji coba laboratorium yang dilakukan oleh Anggina Rafitri dan Aysa Maharani, siswi SMA Negeri 2 Palangkaraya di Universitas Lambung Mangkurat tersebut meyakini bahwa Akar Bajakah berkhasiat menyembuhkan penyakit kenker.
Hal ini terlihat ketika ekstrak akar bajakah yang diberikan pada tikus putih yang pengidap tumor. Dalam pengamatannya selama 50 hari terbukti akar bajakah mampu melemahkan dan mengecilkan tumor yang berada pada tikus tersebut.

Apa Itu Tanaman atau Akar Bajakah?

Spatholobus Littoralis Hassk yang dikenal juga sebagai nama Bajakah  yang berasal dari pedalaman hutan Kalimantan khususnya Kalimantan Tengah.
Tenaman Bajakah memiliki batang yang besar dan kokoh. Namun tumbuhan ini juga mempunyai akar yang dapat merambat 5 meter lebih, akar bajakah inilah yang digunakan oleh masyakarat Dayak untuk obat mujarap.
Selain akar bajakah, ternyata seluruh bagian dari pohon bajakah ini juga dapat dijadikan sebagai obat herbal. Sebuah penelitian yang pernah dilakukan oleh mahasiswa Universitas Lambung Mangkurat pada tahun 2012 membuktikan bahwa Bajakah Tampala mengandung senyawa fenolik, flavonoid, tanin dan saponin.

Jenis-Jenis Pohon Bajakah

Bajakah Tampala (Spatholobus Littoralis Hassk)

Jenis pohon bajakah yang satu ini sedang dipercaya sebagai obat kanker. Melalui batangnya yang mengandung senyawa fenolik, flavonoid, tannin dan saponin mampu mempercepat proses penyembuhan pada luka.

Bajakah Lamei

Jenis yang satu ini Bajakah Lamei banyak mengandung air, tidak heran jika masyarakat Kalimantan Tengah banyak yang meminum secara langsung cairan yang terkandung di akarnya itu. Dikutip dari lama Institut Pertanian Bogor (IPB), jenis tanaman bajakah lamei yang satu ini merupakan tanaman hutan tropis yang tumbuh dengan cara merambat.

Bajakah Kalalawit (Uncaria Gambir Roxb)

Jenis Bajakah Kalalwit ini mempunyai kandungan berupa phenol dan antibacterial. Selain itu juga didalam ekstrak gambir terdapat kandungan katekin yang cukup tinggi. Kandungan ini yang juga dipecaya untuk mencegah penyakit jantung, menurunkan berat badan sampai membantu untuk pembentukan kolagen.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Mengenal Jenis Jenis Bajakah Yang Bisa Menyembuhkan Kanker"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel