Selain Untuk Bahan Masakan, Kunyit Juga Bermanfaat Untuk Kesehatan Kulit

Nasehatbunda.com - Kunyit adalah salah satu rempah - rempah yang sangat sering digunakan untuk bahan masakan. Selain warna dan cita rasanya yang sangat khas, kunyit juga mempunyai manfaat yang dapat dijadikan berbagai obat untuk mengatasi masalah kesehatan. Selain bermanfaat untuk wajah, masker kunyit juga bermanfaat untuk kulit lainnya. Berikut ini adalah manfaat masker kunyit untuk kulit lainnya :

Menyembuhkan stretch mark
Kunyit sangat cocok untuk stretch mark. Kurkumin yang terkandung dalam kunyit mampu menembus membran sel. Kurkumin dikenal untuk mengubah sifat fisik membran sel negatif dan karenanya, mampu menyembuhkan stretch mark.
Bunda juga bisa menggunakan kunyit dengan krim atau krim kental. Cukup tempelkan pasta ini ke perut dan pinggang yang mengalami stretch mark sebelum mandi. Biarkan sekitar 25 menit  sebelum membilasnya dengan air. Kunyit juga mampu mengobati bekas luka.

Menenangkan luka bakar
Sifat antiseptik dan anti-inflamasi pada kunyit juga mampu menenangkan luka bakar. Juga, luka bakar (setidaknya, sebagian besar) tidak akan membengkak ketika Bunda menggunakan kunyit. Bunda juga bisa mencampur kunyit dengan minyak lain untuk meningkatkan perawatan. Cukup aplikasikan campuran tersebut ke area yang terkena.
Sifat astringen dan antioksidan kunyit mampu membantu menyembuhkan luka dan mengurangi jaringan parut.

Membantu mengobati psoriasis
Kunyit kemungkinan bisa menghambat enzim peradangan yang terkait dengan psoriasis. Kunyit  juga bisa menurunkan kadar sitokin, yang menstimulasi peradangan sel dan akhirnya bisa menyebabkan psoriasis.

Menggunakan kunyit untuk psoriasis sangat sederhana. Bunda bisa mengambil setengah sendok teh bubuk kunyit dan mencampurkannya dengan air. Aduklah hingga Bunda mendapatkan kekentalan seperti pasta. Oleskan paste kunyit ke lesi psoriasis. Tutup dengan kain kasa dan biarkan dalam semalam. Kemudian buka kain kasa dan bilas kulit Bunda dengan air hangat pada keesokan paginya. Sifat anti-inflamasi kunyit memiliki manfaat yang sangat baik dalam mengobati psoriasis.

Mengatasi kaki pecah-pecah
Sifat zat kunyit mampu membantu menyembuhkan kaki pecah-pecah juga. Bunda dapat mencampur minyak jarak dan minyak kelapa dalam jumlah yang sama dan menambahkan sejumput bubuk kunyit untuk membuat pasta. Oleskan pasta ini ke tumit pada kaki pecah-pecah dan biarkan selama 20 menit. Lalu bilas dengan air dingin.

Membantu pengelupasan kulit
Bunda bisa menggunakan lulur kunyit yang membantu mengelupas kulit Bunda. Caranya cukup mudah, campurkan satu sendok makan kunyit dengan satu sendok makan air dan cuka sari apel (atau air mawar). Pijat campuran ke bagian kulit yang bermasalah dengan lembut. Diamkan selama 20 menit lalu bilas dengan air. Bunda dapat menggunakan pembersih lembut jika warna kuning (karena kunyi) tetap ada. Menggunakan scrub ini dua atau tiga kali  dalam seminggu membantu menghilangkan sel-sel kulit mati.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Selain Untuk Bahan Masakan, Kunyit Juga Bermanfaat Untuk Kesehatan Kulit"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel