Cara Membuat Kue Lumpur Susu spesial Yang Nikmat dan Lezat


Nasehatbunda.com - Kue ini terbuat dari bahan utama seperti kentang, telur, tepung  terigu yang kemudian dikombinasikan dengan bahan-bahan lainnya untuk menghasilkan kue yang begitu istimewa. Kue ini mempunyai tekstur yang lembut dan lumer, sehingga siapa saja yang memakannya akan merasa ketagihan. Aroma dan rasanya yang khas akan membuat setiap orang tergoda. 
Dari banyaknya variasi kue lumpur, salah satu kue lumpur yang paling populer adalah kue lumpur susu. Kue lumpur yang dikombinasikan dengan susu akan semakin istimewa dan spesial. Kue lumpur sangat pas bila dijadikan sebagai cemilan untuk keluarga tercinta di rumah maupun sebagai bekal buah hati untuk ke sekolah.
Cara membuat kue lumpur susu cukuplah mudah dan sederhana, bahan-bahannya juga praktis dan sangat terjangkau. Ayo Bunda buat kue lumpur susu ini di rumah! Untuk memudahkan Bunda ketika berada di dapur, silahkan simak resep dan cara membuatnya pada pembahasan di bawah ini.
Bahan Utama Untuk Kue Lumpur Susu
  • 25 gram susu bubuk
  • 150 gram tepung terigu
  • 250 gram kentang
  • 300 ml susu cair
  • 2 butir telur  ayam
  • 100 gram margarin
  • 150 gram gula pasir
  • Bubuk vanili secukupnya
Bahan Tambahan
Kelapa muda dan kismis secukupnya

Cara Membuat Adonan Untuk Kue Lumpur Susu

  1. Siapkan peralatan untuk mengukus. Lalu kukus kentang yang sudah Bunda siapkan hingga matang. Kalau sudah, silahkan haluskan.
  2. Setelah itu, siapkan wadah. Lalu campurkan bahan-bahan seperti misalkan tepung terigu, gula pasir, susu bubuk, dan kentang yang sudah Bunda haluskan tadi dalam wadah tersebut. Kemudian aduk-aduk semua bahan tersebut sampai tercampur merata.
  3. Ambil telur ayam yang sudah Bunda siapkan, lalu diaduk pelan-pelan. Jika Bunda memanfaatkan mixer, gunakanlah kecepatan yang rendah.
  4. Setelah itu, masukan susu cair ke dalam adonan. Kemudian kocok kembali adonannya.
  5. Selanjutnya masukkan vanili dan margarin. Lalu aduk-aduk sampai merata. kalau sudah, silahkan sisihkan terlebih dahulu.
  6. Ambil cetakan untuk kue lumpur. Kemudian olesi cetakan kue lumpur tersebut dengan menggunakan minyak goreng.

Cara Membuat Kue Lumpur Susu yang Enak dan Nikmat


  1. Panaskan cetakan  yang sudah  diolesi dengan menggunakan minyak goreng. Setelah panas, silahkan tuangkan adonan yang  sudah Bunda buat ke dalam cetakan sebanyak 3/4 dari tinggi cetakan. Panggang adonan sampai setengah matang.
  2. Apabila adonan sudah setengah matang, taburkan kismis dan kelapa muda yang sudah Bunda siapkan. Lalu panggang kembali hingga benar-benar matang atau sampai bagian bawah kue berwarna kecoklatan.
  3. Kalau sudah matang, silahkan angkat dan sajikan pada tempat saji yang sudah Bunda siapkan sebelumnya.
  4. Panggang adonan kue lumpur sampai semua adonan benar-benar habis.
  5. Sajikan kue lumpur susu ini untuk keluarga tercinta. Nikmati kelezatan kue yang satu ini bersama dengan keluarga Bunda di rumah. Agar  terasa lebih nikmat, Bunda bisa menyantapnya bersama dengan secangkir teh hangat.
Demikian resep kue lumpur susu dan cara membuatnya. Selamat mencoba di rumah. Jangan lupa untuk share atau bagikan resep ini kepada teman-teman Bunda.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Cara Membuat Kue Lumpur Susu spesial Yang Nikmat dan Lezat "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel