Waspadai 6 penyakit ini saat musim hujan


Nasehatbunda.comMusim hujan bisa dibilang sebagai musim yang rawan penyakit karena berbagai jenis mikroba serta virus lebih mudah berkembang biak di musim ini. Apalagi jika daya tahan tubuh Anda sedang menurun. Hal tersebut akan semakin membuat Anda sangat rentan diserang penyakit. Mengenali berbagai penyakit umum yg biasa terjadi di musim hujan akan membuat Anda lebih waspada untuk mencegah penularannya. Lantas apa saja penyakit pada musim hujan yang sering muncul?

Penyakit musim hujan yang paling sering dialami orang

1. Influenza atau flu


Penyakit musim hujan yang paling sering terjadi ialah flu. Penyakit ini bisa disebabkan virus influenza tipe A, B, atau C. Virus influenza bisa menyebar melalui batuk, bersin, atau dari menyentuh benda yg sudah terkontaminasi. Meski flu bersifat umum & bisa sembuh dengan sendirinya, Anda harus tetap mewaspadai penyakit ini. Pasalnya, beberapa orang juga dapat menderita komplikasi dari penyakit influenza seperti pneumonia. 

2. Diare


Diare adalah penyakit yang ditandai dengan encernya feses yg dikeluarkan dan frekuensi buang air besar yang lebih sering dari biasanya. Bakteri penyebab diare yg paling umum contohnya rotavirus, shigella, E. coli, cryptosporidium, dan lain sebagainya. Penyakit ini dapat berkisar dari kondisi yang ringan dan sementara, hingga membahayakan nyawanya.

3. Demam tifoid (tipes)


Demam tifoid, atau lebih dikenal dengan penyakit tipes ialah infeksi menular yang disebabkan oleh bakteri Salmonella thyphi atau Salmonella paratyphi. Bakteri tersebut menyebar melalui makanan-makan atau minuman yang terkontaminasi.


Jika tidak segera ditangani, pengidapnya dapat mengalami beberapa komplikasi seperti pneumonia, pleuritis, miokarditis (peradangan otot jantung), gagal jantung akut, hingga kematian.

4. Demam berdarah dengue


Demam berdarah dengue (DBD) adalah salah satu jenis penyakit menular musim hujan yang disebabkan oleh nyamuk Aedes Aegypti dan Aedes Albopictus. Demam berdarah disebut sebagai penyakit “break-bone” karena terkadang menyebabkan nyeri sendi & otot di mana tulang serasa retak.


Demam berdarah yg parah, atau juga dikenal sebagai dengue hemorrhagic fever, dapat menyebabkan perdarahan serius, penurunan tekanan darah yang tiba-tiba (shock), bahkan kematian.

5. Malaria


Malaria ialah penyakit berbahaya akibat infeksi parasit plasmodium yang menular melalui gigitan nyamuk anopheles. Penularan penyakit ini biasanya meningkat pada saat musim hujan & berlanjut setelahnya.


Bila tidak ditangani segera, malaria dapat berkembang & berisiko mengancam nyawa seseorang yang mengalami. Malaria terutama perlu diwaspadai di area timur Indonesia seperti provinsi Maluku, Maluku Utara, Nusa Tenggara Timur, Papua, & Papua Barat.

6. Leptospirosis


Leptospirosis ialah infeksi yang disebabkan oleh bakteri berbentuk spiral yang disebut Leptospira interrogans. Penyakit musim hujan yang satu ini “cukup populer” terjadi di Indonesia, biasanya dikenal sebagai penyakit kencing tikus. Anda bisa terkena penyakit penyakit ini karena menyentuh tanah atau air, tanah basah, dan tanaman yang terkontaminasi oleh urine binatang yang terinfeksi. Selain tikus, hewan yang paling sering menularkan leptospirosis ialah sapi, babi, anjing, reptil dan hewan amfibi, serta hewan pengerat lainnya.


Demam tinggi, sakit kepala, mual, muntah, mata merah, menggigil, otot betis sakit, dan sakit perut ialah gejala yang menandai penyakit ini. Pada kasus tertentu, penyakit ini dapat menyebabkan gangguan hati, gagal ginjal, meningitis, bahkan kegagalan pernapasan.

Tips mengatasi penyakit musim hujan
Saat Anda mengalami beberapa penyakit musim hujan, biasanya kebutuhan cairan Anda akan sangat  meningkat. Terutama jika Anda merasakan demam atau mengalami diare dan muntah-muntah.

Apa yang harus dilakukan agar Anda tidak kekurangan cairan?
  1. Pada orang dewasa yang normal, kebutuhan cairan tubuh yang disarankan berkisar 2-2,5 liter perhari. kalau dibagi berdasarkan jenis kelamin, maka wanita dewasa disarankan untuk minum sekitar 1,6 liter perhari. Sedangkan, pria disarankan untuk minum 2 liter  perharinya.
  2. Cairan tubuh kita tidak hanya mengandung air, tetapi juga ion-ion. Menjaga keseimbangan ion tubuh juga penting agar metabolisme tubuh tetap optimal dan normal.
  3. Selain itu, untuk menghindari penyakit yang diakibat kontaminasi makanan, biasakan pula cuci tangan sebelum dan sesudah melakukan aktivitas.

.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Waspadai 6 penyakit ini saat musim hujan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel