Cara Membuat Perkedel Kentang Yang Enak Bikinan Sendiri

Nasehatbunda.comPara Bunda pasti udah enggak asing lagi dengan makanan perkedel? Perkedel merupakan makanan yang dibuat dari bahan dasar kentang dan digoreng ataupun direbus sebelum dilembutkan dan dicampur dengan menggunakan daging atau campuran bahan lainnya.


Sekalipun sangat sederhana, tapi rasa perkedel yang enak bisa digunakan sebagai menu lauk pauk untuk makan sekeluarga. Biasanya perkedel ini disajikan bersama sayuran, sambal, dan nasi hangat sesuai dengan selera untuk keluarga yang ada di rumah. Nah, Bunda juga bisa kok coba bikin resep perkedel yang enak sendiri di rumah tanpa harus membeli. Soalnya kalau bikin sendiri pasti rasanya jauh lebih spesial.

Sebenarnya perkedel tidak harus dari kentang sih Bunda, bahkan bisa juga kok dibuat dari bahan ubi jalar, singkong, ataupun tahu yang dimasak matang dan dilumatkan. Tapi kebanyakan orang Indonesia mengartikan perkedel ialah makanan yang dibuat dari bahan kentang. Perkedel ini selain bisa disajikan untuk menu makan keluarga yang ada di rumah, ternyata juga cocok kok jadi menu tambahan untuk makanan para tamu ketika sedang acara hajatan. Biasanya yang digunakan adalah perkedel daging yang rasanya enak dan sedap. Tetapi Bunda bisa menyesuaikan dengan selera Bunda yang ada di rumah. Tamu-tamu pasti banyak yang suka dengan makanan yang sederhana ini. Karna resep perkedel memang enak dan sering disajikan untuk keluarga di rumah.

Kalau mau membuat perkedel sendiri di rumah sebenarnya gampang kok Bunda. Soalnya bahan-bahan yang digunakan mudah didapatkan. Enggak cuma itu, cara buat bikinnya juga enggak makan waktu yang lama loh Bunda. Berikut ini bahan sama cara buat bikin resep perkedel sendiri di rumah yang bisa Bunda ikuti.

Bahan-bahan:
  • 500 gr kentang, kupas lalu cuci dengan air bersih
  • 1 butir telur yang belum matang
  • 5 siung bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 1 sendok merica butir/bubuk jg bisa
  • 1/4 sendok biji pala/1/2 sendok pala bubuk
  • 1/2 sendok gula pasir 
  • 2 batang daun seledri, cincang halus
  • garam secukupnya
Baluran: 1 butir telur + sedikit garam (kocok)

Cara Membuat:
  1. Potong-potong kentang ukuran 2x2cm. DIgoreng dalam minyak panas sampai matang. Tiriskan.
  2. Haluskan kentang menggunakan cobek sampai halus. Sisihkan.
  3. Tumis bawang merah dan bawang putih sampai harum.
  4. Haluskan kedua bawang yang sudah ditumis tadi, biji pala, dan merica.
  5. Campur kentang halus, telur, bumbu halus, garam, gula pasir, dan seledri cincang hingga merata.
  6. Ambil 1 sendok makan, bentuk bulat2 pipih/sesuai selera. Kalau lengket lumuri tangan dgn minyak ya.
  7. Celupkan ke bahan baluran (telur+garam)
  8. Goreng dalam minyak panas dengan api yang sedang. Sekali balik aja biar ga hancur.
  9. Sajikan perkedel selagi masih hangat.. Yummy, Enak banget
  10. Kalau mau di frozen jangan digoreng dulu, setelah dibentuk tata rapi disebuah wadah lalu  ditutup. Simpan di frezeer, kalau mau di goreng diamkan dulu sampai suhu ruang.

Nah, itulah bahan dan cara buat bikin resep perkedel sendiri di rumah. Benar-benar gampang untuk diterapkan di rumah kan Bunda? Kalau soal takaran rasa dan takaran porsi bisa disesuaikan sama selera dan kebutuhan Bunda yang ada di rumah, biar rasanya juga jauh lebih spesial. Selamat mencoba sendiri Bunda, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Cara Membuat Perkedel Kentang Yang Enak Bikinan Sendiri"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel